Pembentukan Tim Kerja Proyek
Pengertian Tim Kerja
Tim Kerja (team work) adalah suatu kelompok orang yang bekerja sama secara tetap, teratur dan sesering mungkin untuk mencapai tujuan bersama.
Membentuk tim kerja adalah suatu proses yang sistematis yang dirancang untuk meningkatkan hubungan kerja dan fungsi tim seperti pemecahan masalah, pengambilan keputusan dan resolusi konflik.
Karakteristik Membentuk Sebuah Tim Kerja
- Ada kesepakatan terhadap misi tim
- Semua anggota mentaati peraturan yang berlaku
- Adanya pembagian tugas, tanggung-jawab, dan wewenang
- Dapat beradaptasi terhadap perubahan
Yang Dilakukan Setelah Terbentuk Sebuah Tim Kerja
- Menetapkan tujuan sasaran dengan jelas
- Membagi peran kepemimpinan dalam tim kerja
- Menerapkan sikap keterbukaan dan saling percaya (Baca : Materi Kerja Tim : Keterbukaan, Saling Percaya, dan Komunikasi)
- Menggunakan komunikasi yang efeketif dan sesuai dalam tim kerja
Peran Kepemimpinan
1. Pimpinan Tim
- Kreatif dan proaktif dalam memberikan dukungan terhadap kerjasama tim
- Membimbing dan mengarahkan seluruh anggota dalam pelaksanaan kerjasama tim
- Menanggapi dan menangani setiap permasalahan yang timbul sebagai dampak negatif dari kerjasama tim
- Memikul seluruh tanggungjawab terhadap maju mundurnya kerjasama tim
- Memberikan komando terhadap pelaksanaan tugas dan kegiatan tim
2. Anggota Tim Aktif
- Mewujudkan tujuan dan misi tim
- Memelihara kebersamaan dalam tim
- Mematuhi dan melaksanakan ketentuan atau norma yang berlaku dalam tim
- Merealisasikan tugas dan pekerjaan dengan sebaik-baiknya
- Menjaga nama baik dan kerahasiaan tim
- Menjamin kelancaran pelaksanaan tugas dan pekerjaan tim
- Memberikan kontribusi yang nyata dalam memajukan kerjasama tim
- Ikut berpartisipasi dalam pengambilan keputusan tim serta menerima dan melaksanakan keputusan tim dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab.
3. Pimpinan Terhadap Anggota Tim Pasif
- Pimpinan bertindak lebih tegas
- Pimpinan jangan ragu-ragu untuk menegur anggota yang pasif
- Pimpinan harus tegas dalam pembagian tugas kerja
- Pimpinan jangan sering meng-hadle pekerjaan anggota yang pasif
- Pimpinan jangan putus asa dan terbawa arus untuk ikut-ikutan pasif
Sekian Materi Bab Pembentukan Tim Kerja Proyek. Semoga bermanfaat.
Singkat tapi padat pembahasan tentang membentuk tim kerja bisnis yang bagus. Karena relefan sehingga bisa dipertanggungjawabkan...
ReplyDeleteMemang kesolidan tim kerja memang tidak boleh diremehkan
Terimaksih telah berbagi ilmu tentang teamwork.