2 Contoh Teks Prosedur Kompleks Paling Sederhana

Contoh Teks Prosedur Kompleks 


Contoh 1

Membuat Pupuk Kompos Sendiri

Pupuk kompos adalah jenis pupuk alami yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti sampah daun dan juga kotoran hewan. Pupuk kompos akan membuat tumbuhan bisa tumbuh dengan baik dan tanah pun menjadi gembur. Pupuk kompos sebenarnya bisa dibuat sendiri dengan alat dan cara yang mudah.
Untuk menghasilkan pupuk kompos buatan sendiri yang baik dan berkualitas berikut bahan dan langkah pembuatannya.
  1. Siapkan bahan dan alat seperti kotoran ternak, jerami yang dicacah, air, arang sekam, sampah daun, bubuk gergaji, EM4, gula pasir, cangkul, sekop, karung goni, dan sarung tangan.
  2. Siapkan media untuk membuat pupuk yang terlindung dari sinar matahari dan hujan.
  3. Buatlah larutan dekomposer caranya larutkan gula dengan EM4 di dalam air.
  4. Buat lapisan pertama, aduk rata campuran arang sekam dengan kotoran ternak kemudian ditambahkan dekomposer dan diaduk sampai rata.
  5. Buatlah lapisan kedua, taburkan bubuk gergaji, sampah daun, dan cacahan jerami sampai rata kemudian sirami lagi dengan dekomposer.
  6. Tutup rapat bahan tersebut dengan menggunakan karung goni.
  7. Lakukan pengadukan bahan sampai merata di hari kedua.
  8. Lakukan pemeriksaan setiap pagi dan sore, caranya adalah dengan memasukan tangan ke dalam adonan pupuk dengan menggunakan sarung tangan, jika terasa panas dan tangan tidak bisa menahan rasa panasnya maka adonan pupuk belum siap untuk digunakan.
  9. Periksa adonan pupuk di hari keempat (umumnya sudah siap pakai di hari keempat), bila tangan sudah bisa menahan rasa panasnya, maka pupuk sudah siap pakai.
Contoh 2

Cara Menghidupkan Komputer

Komputer merupakan kumpulan seperangkat alat elektronik yang dihubungkan dengan listrik yang berfungsi untuk meringankan atau membantu pekerjaan manusia agar lebih mudah, cepat, efisien dan akurat, salah satu hal yang harus diperhatikan yaitu cara menghidupkan komputer. Bagaimana cara menghidupkan komputer dengan benar ?
Berikut langkah – langkahnya :
  1. Pastikan semua komponen-komponen komputer telah tersambung dengan benar termasuk penggunaan arus listrik.
  2. Periksa keyboard, mouse dan monitor telah tersambung pada port yang benar
  3. Tekan tombol power pada UPS dan stabilizer (jika ada), kemudian tekan tombol power pada monitor dan CPU, tunggu proses booting berjalan sampai selesai.
  4. Setelah proses booting selesai akan tampil dekstop  dan kursor pointing berbentuk anak panah menandakan proses booting sudah selesai dan komputer siap digunakan.
 
Nah, itu adalah 2 Contoh TeksProsedur Kompleks Paling Sederhana. Semoga bermanfaat.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "2 Contoh Teks Prosedur Kompleks Paling Sederhana"

  1. Ka. Bikin contoh teks prosedur kompleks smk jurusan peternakan cara buat pakan atau apa gitu

    ReplyDelete