Materi Kerja Proyek Bab Pengembangan Ide (Identifikasi Proyek, Formulasi Proyek, dan Mind Mapping)

Pengembangan Ide (Identifikasi Proyek, Formulasi Proyek, dan Mind Mapping)

1. Identifikasi Projek

Biasanya untuk tahapann ini diperlukan ‘Penilaian Kebutuhan’ untuk mengetahui apa saja kebutuhan masyarakat dan siapa saja yang terpengaruh. ‘Penilaian Kebutuhan’ ditindak lanjuti dengan ‘Penilaian Kapasitas’ untuk mengetahui kekuatan apa saja yang dimiliki oleh masyarakat tersebut yang dapat digunakan untuk menangulangi masalah yang ada.

2. Formulasi Proyek

  • Tahap I
Pengumpulan dan Analisis Keterangan Strategi, adalah tugas para eksekutif organisasi untuk dapat menilai kecenderungan-kecenderungan yang terjadi pada saat ini dan yang akan datang.
  • Tahap II
Formulasi Strategi. Tim ini pulalah harus memeriksa beberapa masa depan alternatif dan menyeleksinya serta menciptakan profil atau visi strategis. Kekuatan formulasi sangat tergantung pada kekuatan proses yang dilalui atau yang dialami oleh tim dalam membuat keputusan.
  • Tahap III
Perencanaan Proyek Induk Strategi. Dengan menggunakan metode management proyek yang canggih dan benar dimana rencana disusun, dijelaskan, diprioritaskan, ditahap-tahapkan, dijadwalkan, disumberdayakan dan diimplementasikan serta dipantau (diawasi), maka proyek-proyek tersebut dapat dioptimalka.
  • Tahap IV
Implementasi Strategi. Tahap ini adalah tahap pelaksanaan (implementasi) yang mana kualitas suatu proyek sangat diharuskan. Untuk itu dibutuhkan suatu sistem komunikasi yang handal, cepat dan akurat yang dimulai dari tingkat rendah (lower management) hingga ke tingkat yang tinggi (top management).
  • Tahap V
Pemantauan, Peninjauan dan Pembaharuan Strategi. Di tahap ini dibutuhkan indikator internal (kemajuan di bidang tujuan dan langkah strategis, kemajuan proyek) maupun indikator eksternal (validitas asumsi dasar yang menjadi penciptaan visi).

3. Mind Mapping

Mind Map adalah sebuah metode untuk mengelola informasi secara menyeluruh.
Secara lengkap Mind Map dapat digunakan untuk :
  1. Menyimpan informasi
  2. Mengorganisasikan informasi
  3. Membuat prioritas
  4. Belajar memahami informasi dalam konteksnya
  5. Melakukan review atas sebuah materi pembelajaran
  6. Mengingat informasi secara lengkap

Sekian Materi Kerja Proyek Bab Pengembangan Ide (Identifikasi Proyek, Formulasi Proyek, dan Mind Mapping). Semoga bermanfaat.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Materi Kerja Proyek Bab Pengembangan Ide (Identifikasi Proyek, Formulasi Proyek, dan Mind Mapping)"

Post a Comment