Materi Kerja Tim : Keterbukaan, Saling Percaya, dan Komunikasi

Keterbukaan, Saling Percaya, dan Komunikasi

Pengertian Keterbukaan, Saling Percaya, dan Komunikasi

  • Keterbukaan adalah sikap untuk bersedia menerima pengetahuan atau informasi dan sikap untuk bersedia memberitahukan kepada pihak lain.
  • Saling percaya adalah sikap saling mengakui satu sama lain akan kejujuran, kelebihan, kemampuan dan lain sebagainya yang dimiliki oleh masing-masing individu dalam sebuah tim kerja.
  • Komunikasi adalah proses penyampaian informasi sebagai kunci utama terbentuknya tim kerja yang baik atau efektif (keberhasilan kerja tim).

Tujuan Keterbukaan, Saling Percaya, Dan Komunikasi

  • Terampil mengklasifikasikan sikap keterbukaan dan saling percaya serta komunikasi dalam tim kerja dengan perilaku jujur, teliti dan tanggung jawab.
  • Terampil dan bertanggung jawab mensimulasikan sikap keterbukaan dan saling percaya serta komunikasi dalam tim kerja dengan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, inovatif,  responsif dan tanggung jawab.

1. Keterbukaan

Sikap keterbukaan
  • Tidak individual
  • Mau berkontribusi
  • Fleksibel
  • Mau berkomunikasi
Sikap keterbukaan ditunjukkan dengan perilaku seperti berikut.
  • Selalu beritahu rekan tim yang perlu mengetahui apa yang Anda ketahui.
  • Jika memiliki masalah atau tidak sepakat dengan pendapat rekan lain katakan padanya langsung jangan pada orang lain
  • Jujur terhadap masing-masing rekan tim mengenai identitas, karakter, kemampuan masing-masing agar tidak ada yang merasa tidak cocok dan tidak berharga di dalam tim

2. Saling Percaya

Sikap saling percaya
  • Mau berkomitmen
  • Menghargai
  • Patuh pada pemimpin
Sikap saling percaya ditunjukkan dengan perilaku seperti berikut.
  • Mau memberi kesempatan kepada anggota tim untuk menyampaikan gagasannya
  • Mampu melihat kemampuan anggota lain sehingga semua anggota memahami kemampuan diri masing-masing
  • Mau membantu anggota lainnya jika ada kesulitan tetapi tetap memberi kesempatan untuk mengeksplor kemampuan masing-masing

3. Komunikasi

Komunikasi dalam sebuah tim kerja
  • Rekan satu tim harus sering ditemui dan terlibat dalam komunikasi terbuka.
  • Mengekspresikan pendapat dengan sepenuh hati
  • Saling mendorong untuk selalu mengungkapkan pandangan
  • Tidak saling mengkritik di belakang!
  • Jangan ada interupsi, berikan kesempatan untuk menyelesaikan presentasi
  • Penuh perhatian pada komentar yang diajukan oleh anggota tim

Sekian Materi Kerja Tim : Keterbukaan, Saling Percaya, dan Komunikasi. Semoga bermanfaat.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Materi Kerja Tim : Keterbukaan, Saling Percaya, dan Komunikasi"

Post a Comment