Pemecahan Masalah Lapisan Fisik LAN

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai Pemecahan Masalah Lapisan Fisik LAN.

Pemecahan Masalah Lapisan Fisik LAN

A. Pendokumentasian Jaringan

Dokumentasi sangat penting, dalam suatu jaringan komputer, alokasi port, gambar jalur perkabelan, identitas kabel, dan sebagainya. dan yang tidak kalah pentingnya dokumentasi harus selalu diperbaharui setiap terdapat perubahan.

Bila suatu jaringan komputer tidak memiliki dokumentasi, maka mulailah dibuat dokumentasi nya sebagai berikut:
  1. Memberikan Identitas tiap-tiap kabel yang ada.
  2. Buat Gambar jalur-jalur kabel yang ada.
  3. Buat daftar dari Alat yang terhubung dengan jaringan, yang terdapat informasi lokasi alat tersebut, dan alokasi port pada hub.
Simpanlah dokumentasi ini dengan baik dan yang hanya bisa dilihat oleh yang berwenang, karena dokumentasi jaringan bersifat tertutup untuk menghindari terjadinya sabotase.

B. Standar Pengkabelan EIA 586

EIA merupakan sinonim atau kepanjangan dari Electronic Industries Alliance dan TIA merupakan sinonim atau kepanjangan dari Telecommunication Industry Association. Maksud dari arti EIA/TIA adalah merupakan standarisasi internasional stuktur kabel untuk telekomunikasi. Kabel yang paling sering kita temui adalah jenis UTP, SFTP. Banyak yang menganggap EIA/TIA hanyalah standart untuk kabel jenis ethernet padahal EIA/TIA lebih global untuk telekomunikasi termasuk transfer voice suara (PABX).

C. Mengidentifikasi Masalah - Masalah pada Lapisan Fisik

  • Masalah jaringan karena kegagalan kabel jaringan
Masalah jaringan yang umum kita temui akibat putusnya kabel jaringan yang bisa mempengaruhi kinerja sebuah komputer dalam jaringan karena putusnya kabel patch kita karena digigit binatang atau sejenisnya.
  • Kerusakan pada kabel dan konektor jaringan
Kabel dan konektor merupakan media penghubung antara komputer dengan komputer lain atau dengan peralatan lain yang digunakan untuk membentuk jaringan.
  • Gangguan atau kerusakan pada Hub/switch
Hub/switch merupakan terminal atau pembagi sinyal data bagi kartu jaringan (Network Card). Jika Hub mengalami kerusakan berarti seluruh jaringan juga tidak dapat berfungsi untuk berkomunikasi antar workstation atau komputer workstation dengan server.

D. Pengujian Kabel pada Jaringan

Dapat menggunakan LAN Taster, atau dapat melakukan Ping ke PC yang dituju.

Itulah materi tentang Pemecahan Masalah Lapisan Fisik LAN. Semoga bermanfaat.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

3 Responses to "Pemecahan Masalah Lapisan Fisik LAN"